Halaman

Kamis, 07 Desember 2017

Komponen Biaya Produksi Kapal Perikanan



      KOMPONEN BIAYA PRODUKSI KAPAL PERIKANAN.

Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempermudah faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut. Biaya dalam pembuatan kapal perikanan dihitung berdasarkan komponen-komponen yang mendukungnya, Komponen biaya tersebut meliputi biaya material utama, biaya material pendukung, dan biaya tenaga kerja.


1. Biaya material utama
Biaya material utama adalah biaya bahan baku dasar dalam pembuatan kapal perikanan. Biaya material utama ini seperti kayu, baja dan fiberglass yang merupakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan suatu kapal perikanan, sehingga keberadaan bahan baku tersebut sangat mempengaruhi usaha galangan kapal.


2. Biaya material pendukung
Biaya material pendukung adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendukung proses pembuatan kapal perikanan selain bahan baku utama. Pada kapal kayu material pendukung ini seperti paku, lem, baut. Material pendukung memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pembuatan kapal di galangan. Penggunaan material pembantu yang optimal (tidak berlebihan) akan berpengaruh sangat baik bagi kualitas kapal (kekuatan dan ketahanan kapal menjadi tinggi) dan pengeluaran biaya tidak terlalu besar.

3. Biaya tenaga kerja

Biaya tenaga kerja adalah biaya yang dikeluarkan untuk membayar upah tenaga kerja dalam pembuatan suatu kapal perikanan. Sistem upah tenaga kerja ada dua jenis, yaitu borongan dan harian. Upah sistem borongan pembangunan kapal sama halnya dengan upah borongan pembangunan suatu rumah atau bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar