Halaman

Kamis, 07 Desember 2017

Jenis - Jenis Kayu Untuk Pembuatan Kapal






Ada beberapa jenis kayu yang di gunakan sebagai bahan dasar pembuatak kapal , di antaranya sebagai berikut :


1. Kayu Bengkirai 

Kayu bengkirai merupakan kayu yang populer di kalangan penggalang kapal saat ini sebagai bahan dasar untuk pembuatan kapal , kayu ini termasuk kedalam golongan kayu jenis meranti  atau kayu komersial satu.
Pada umumnya kayu ini di gunakan untuk bahan utama kapal seperti , Lunas , Linggi , body dan sesuai dengan kondisi kapal.

2. Kayu Kempas

Berciri umum, teras berwarna merah seperti bata, bercorak garis-garis kekuningan,  dan tergolong kedalamjenis Rimba Campur. Kayu ini berguna sebagai bahan konstruksi lunas untuk kapal bertonase kurang sari samadengan 30 Gt , dan untuk kapal bertonase di atas 30 Gt kayu ini Di gunakan sebagai papan kamar dalam palka dan senta senta.
 
3. Kayu Merbau 

Kayu ini juga dapat digunakan sebagai bahan konstruksi pembuatan kapal kayu. galangan kapal kayu di daerah Pekalongan dan Batang menggukan kayu merbau sebagai material lunas kapal dan body kapal karena jenis kayu ini termasuk kedalam kayu komersial satu  atau meranti. 

4. Kayu Jati

Jenis kayu ini berwarna kuning emas kecoklatan sampai cokalt kemerahan, memiliki corak dekoratif yang indah, bertekstur agak kasar dan tidak rata.Digunakan untuk semua bagian kapal, termasuk konstruksi lunas dan linggi kapal.


1 komentar: