Halaman

Kamis, 07 Desember 2017

Gambaran Umum Kapal Kayu

 GAMBARAN UMUM KAPAL KAYU.

Kapal perikanan merupakan unit penangkapan ikan yang sangat penting dalam mendukung kegiatan operasi penangkapan ikan yang terdapat di perairan Indonesia. Jenis kapal perikanan yang dibuat di Batang sebagian besar kapal perikanan yang dibuat dari bahan dasar kayu dengan ukuran yang beragam mulai dari 30 GT hingga kapal yang berukuran 300 GT.
Lokasi pembuatan kapal kayu sendiri banyak ditemukan di sekitar Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Batang yang jumlahnya lebih dari 10 galangan yang memproduksi kapal kayu.
Proses pembangunan kapal yang terdapat di galangan kapal kayu Batang secara umum meliputi :

1)  Pemasangan lunas;
2)  Pemasangan linggi haluan dan linggi buritan;
3)  Pemasangan kulit kapal;
4)  Pemasangan gading-gading;
5)  Pemasangan lantai dek kapal;
6)  Pemasangan rumah-rumah;
7)  Pemasangan pagar , pendempulan dan pengecatan kasko kapal.

Proses produksi baru dilakukan setelah ada transaksi dan perjanjian yang disepakati oleh pemilik galangan dan pemesan kapal. Pada umumnya pemesan kapal menyerahkan sepenuhnya perencanaan dan desain kapal yang akan dibangun kepada pemilik galangan, tetapi ada juga yang memberi bentuk dan desain kasar yang diinginkan oleh pemesan kapal tersebut.

Kapal yang telah dibangun selanjutnya diserahkan kepada pemesan kapal. Kapal diserahkan dalam bentuk kasko kapal yang telah dicat. Pada umumnya proses penyerahan kapal dilakukan bersamaan dengan peluncuran kapal ke dalam air.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar